About

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Donec quam felis, ultricies nec, pellentesque eu, pretium quis, sem. Nulla consequat massa quis enim. Donec pede justo, fringilla vel, aliquet nec, vulputate eget, arcu. In enim justo, rhoncus ut, imperdiet a, venenatis vitae, justo. Nullam dictum felis eu pede mollis pretium. Integer tincidunt. Cras dapibus. Vivamus elementum semper nisi. Aenean vulputate eleifend tellus.Read more about me »

Lorem Ipsum Dolor comet

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit Featured Work

Keep in touch

RSS Feed Twitter Facebook

Subscribe via email

global warming

Senin, 12 Oktober 2009


Iklim global


Adalah suatu keadaan iklim yang menyebar atau terjadi hampir di seluruh dunia .iklim ini begitu menjadi perhatian secara global.

Gejala yang timbul dari perubahan iklim global :

a.perubahan suhu udara dari tahun ke tahun yang tak pernah bisa diprediksi.

b.perubahan musim yang berkepanjangan..

beberapa faktor yang mempengaruhi ilim global

a.keadaan kedudukan matahari.

b.gejala geosfer.

c.kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi(iptek) dan juga bertambahnya populasi manusia.

Akibat yang di timbulkan dari perubahan iklim global

a.perluasan gurun.

b.berkurangnya lapisan tanah yang subur.

c.menipisnya lapisan ozon yang membuat suhu di bumi semakin panas.


Beberapa peristiwa akibat perubahan iklim global

1.fenomena el nino dan la nina.

El nino dan la nina terjadi di sekitar lautan samudra pasifik.el nino terjadi dikarenakan oleh suhu samudra pasifik equator tengah dan timur lebih tinggi dari rata-rata normalnya.maka,akibatnya terjadi arus balik ang mengalir ari arah utara ke selatan.

Gejala la nina terjadi karena suhu permukaan laut di wilayah pasifik ekuador tengah,dan timur lebih rendah dari rata-rata normalnua.

Kata el nino artinya anak tuhan atau anak lelaki.nama itu diberikan oleh nelayan peru untuk arus yang mengalir dari utara ke selatan setiap tahun pada hari natal.gejala el nino

Akan mengubah sistem peredaran global dalam arah timur-barat sehingga terjadi pergeseran arus udara.

Saat terjadi el nino,angin pasat samudra pasifik tengah dan barat berkurang.sehingga menyebabkan turunnya suhu di samudra pasifik sebelah timur.dan kemudian di bagian barat akan ada kenaikan suhu udara.

Terjadinya el nino berhubungan dengan kegagalan angin pasat di daerah equator mendorong air yang panas dari garis pantai amerika selatan ke samudra pasifik.

Penyebab terjadinya El Nino sudah banyak dibahas oleh para ahli meteorologi dan geofisika. Namun, masih belum diperoleh jawaban yang benar- benar memuaskan. Salah satu kemungkinan penyebab yang banyak ditinjau adalah aktivitas Matahari, karena merupakan pemegang peranan utama dalam menentukan iklim dan musim di Bumi.

Kejadian el nino dapat dikategorikan dalam el nino mayor dan el nino minor.gejala el nino mayor disertai oleh peningkatan suhu dipermukaan laut yang besar dan meliputi wilayah samudra pasifik equator.makin tinggi suhu maka makin parah pula dampaknya

El nino minor terjadi jka suhu permukaan laut di samudra pasifik tengah dan timur naik hanya beberapa derajat celcius. Dan meliputi yang relatif sempit.

Periode kejadian el nino minor sekitar 2-3 ahun .sedangkan el nino mayor sekitar 8-11 tahun.menurut para ahli ,saat ini eriode el nino sekitar 4-5 tahun dan berakhir sekitar 12-18 bulan sejak kemunculannya.bila el nino terjadi bersamaan dengan la nina maka dampaknya akan semain besar.

El nino di indonesia menyebabkan banyak kerugian antara lain di sektor pertanian dan perikanan.selain itu juga menyebabkan banyak kebakaran di hutan indonesia.maka ari itu dibutuhkan kesadaran dan kewaspadaan kita untuk menghadapi itu.

Saat terjadi la lina angin pasat timur menguat di samudra pasifik.sehingga masa air hangat yang terbawa semakin banyak ke arah samudra pasifik barat.akibatnya massa air dingin di samudra pasifik timur bergerak keatas dan menggantikan massa air hangat yang

Terbawa tadi.hal itu disebut upwelling.

Dengan pergantian massa air tersebut membuat suhu permukaan laut mengalami penurunan dari normalya.la lina biasanya terjadi di saat musim dingin.

Macam-macam la lina dilihat dari intesitasnya yaitu:

a.la lina lemah.

Jika dilihat dari suhu muka laut <0,5>

b.la lina sedang

jika di lihat dari suhu muka laut sekitar 0,5 sampai -1.dan berlangsung sekitar 3 bulan

berturut-turut.

c.la lina kuat

jika dilihat dari suhu muka laut sektar lebih dari -1 dan juga berlangsung sama.

Selama 3 bulan berturut-turut.



La lina terjadi saat suhu pada musim dingin lebih panas dari kondisi awal atau normal di

Bagian tenggara dan lebih dingin di bagian barat laut.

Dampak la lina terhadap kehidupan manusia dibumi cenderung berlawanan dengan dampak el nino.terbukti saat musim dingin di amerika tengah dan utara selama terjadi el nino suhu lebih panas dari kondisi normal.sedangkan bagian tenggara dan bagian barat daya lebih dingin.

Selain itu juga dampak la nina adalah membuat hujan di musim kemarau dan membuat suhu udara lebih basah dan lebih rendah dari musim kemarau biasanya.dan juga bisa membuat angi timur pasat menguat dan sirkulasi monson menguat.

2.pemanasan global

Adalah bertambahnya suhu atau meningkatnya suhu di bumi sebagai akibat efek rumah kaca.hal itu mengakibatkan suhu di bumi semakin panas dan kering.

Penyebab pemanasan global antara lain :

a.gas karbondioksida

b.metana

gas ini dihasilkan oleh sumber yang hidup termasuk bakteri.dan juga sumber-sumber yang mati seperti kebocoran pipa dan tanki gas alam/

c.chloro flour carbon(cfc)

gas ini tidak reaktif dan gas ini juga dapat mencapai di atmosjer bumi paling atas .para ahli meyakini setiap atom chlorine bisa merusak sepuluh dari seribu molekul ozon sehingga lapisan ozon menipis.

d.dinitrogen oksida

yaitu gas yang duhasilkan melalui pembakaran bbm dan gas.


Dampak pemanasan global

a.suhu udara di bumi sekakin panas.

b.iklim tidak mulai stabil.

c.suhu permukaan laut semakin bertambah karena es di kutub mencair.

d.suhu global cenderung naik.



Upaya pengendalian atas pemanasan global

a.menghilangkan karbon

dengan cara memelihara pohon dan berupaya menanam poho sebanyak –banyaknya.

b.memakai bahan-bahan yang ramah lingkungan




0 komentar:

Posting Komentar